Talk about Depression


What is depression in general?
Depresi adalah suatu penyakit jiwa yang menyebabkan individu merasa tidak aman terhadap suatu hal.
Mereka merasa tidak aman, suatu hal akan mengancam, merasa terpuruk, tidak berguna, tidak merasa pantas, merasa tidak ada yang membantunya dan tidak ada yang dipercayai hingga ingin mengakhiri hidupnya. Hal ini sangat menjadi perhatian bagi kita semua. Kita wajib dan berperan penting dalam memberikan tangan kepada mereka yang membutuhkan pertolongan kita semua.  A depression isn’t a little thing. Depression is a big problem.

Why I have to speak up depression?
Masih banyak dari kita yang masih menganggap hal ini adalah permasalahan kecil. To be honest, I was kinda person like that being. I just think why they get some depression, what is the problem that make them get depression, how can they get depression. Kita semua pasti memiliki permasalahan hidup masing-masing. Cita-cita yang tak bisa digapai, usaha yang sudah kita kerahkan lalu hancur lebur karena we fail to achieve, persahabatan, keluarga, everybody's fake. Kita semua memiliki batas kemampuan masing-masing dalam menangani setiap persoalan dunia ini. Mungkin saja apa yang aku alami, permasalahan yang pernah ku alami, mungkin bagi sebagian orang hal itu berat untuk ditangani. Everybody has their own capacity to deal with their own problems.

FROM INSTAGRAM

Waktu itu, sempat mempertanyakan beberapa pertanyaan di instagram mengenai beberapa hal. Kebanyakan dari mereka pernah mengalami depresi dan banyak dari mereka yang menganggap depresi bukan hal yang sepele. Mereka juga menjawab, pengaruh dari depresi itu beragam. Mulai dari masalah keluarga, body shaming, lingkungan, merasa sendiri dan tidak memiliki teman untuk berbagi, dan masih banyak lagi. Dan yang terakhir, aku juga menanyakan pendapat mereka yang beranggapan bahwa :

              ‘Masa gitu aja depresi, ga dekat tuh sama tuhan nya’

Dan ada salah satu jawaban dari mereka yang membuatku tergugah. Begini jawabannya:

Hidden :  ‘Don’t judge people by the cover. Karena kita tidak akan pernah benar-benar tahu seberapa dia dekat dengan Tuhan-NYA. Dan tidak akan pernah benar-benar tahu usaha apa saja yang telah ia upayakan’

This is really hit me guys. Also, she is one of my sister that close to me. We really do close each other. She’s my friend who shows me and got me about depression and i know how hard she’s struggle for her own problems by herself. She’s tough and amazing. She’s my bestfriend and mysister.

Memang benar jika merasa terpuruk kita harus mendekatkan diri kepada tuhan, but how we feel safe as long as the people around make us become unsafe(?)

Terkadang, society kita terlalu jahat dalam mempresepsikan mengenai masalah ini tanpa tahu permasalahannya, dengan segampang dan seenaknya mereka melibatkan atau mencampurkan segala sesuatu, apapun itu.
Ingat, kita tidak perlu melibatkan diri kita hingga menjatuhkan sang objek tersebut (yang mengalaminya). Cukup tau saja, tidak usah memberikan perkataan negative kepada mereka. Jika memang itu teman atau sahabat bahkan keluarga kita sendiri, cukup peluk mereka, me
luangkan waktu untuk mereka, sebisa mungkin hibur mereka dengan keberadaan kalian, temani dia rangkul bahunya. Itu sudah lebih dari cukup.
Semoga yang sedang membaca,yang masih menganggap hal ini adalah masalah yang sepele, menjadi lebih aware.
The last,bagi yang sedang terpuruk dan mengalami masalah ini..

Hey wake up! How precious you are.kamu berguna,kamu berhak untuk bahagia.kamu berhak untuk bermimpi. Tidak ada yang boleh membatasimu, because it’s your show, you have to make it worthy by yourself. You are really worthy, how gentle you are, how gorgeous you are. Kamu sangat-sangat berarti untuk dunia ini yang singkat.



Sekian dan Terima kasih
Selamat bertemu di bab selanjutnya

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer